Sejarah Pagar Nusa GASMI (Gerakan aksi silat muslimin indonesia)

GASMI (Gerakan aksi silat muslimin indonesia)
Adalah salah satu pencak silat legendaris dari kediri jawa timur yang mana pencak silat gasmi ini tubuh berkembang dikalangan pondok pesantren , pencak silat legendaris ini sangat familiar dengan para santri karena memang berdiri pertama kali didirikan disalah satu pondok pesantren ,
Sejarah Pagar Nusa
Pada era 60-70an pencak silat Gasmi berada dimasa-masa kejayaan nama gasmi mulai santer terdengar dihampir pulau jawa, terlebih peran-peran dari para pendekar gasmi dalam masyarakat sangat menonjol , masih teringat jelas daimana ketika para pesilat gasmi ikut andil dalam pemberantasan kekerasan dan kemunkaran yang dilakukan oleh sekelompok pemberontak negara siapa lagi kalo bukan pemberontak dari sayap kiri PKI (Partai komunis indonesia), salah satu kearoganan yang ditunjukan dari kelompok pki yang menjadi rival para pendekar gasmi adalah ormas lerka sejenis lembaga beladiri yang dinaungi oleh pki pada masa itu
Tokoh Pendiri IPSI
Kejayaan gasmi pada era itu benar-benar terlihat ketika aksi demi aksi yang dilakukan oleh kolompok Lerka selalu dibalas cepat oleh para pendekar gasmi yang biasa dipimpin secara langsung oleh seorang pendekar tangguh dan lincah dari kediri beliau adalah Kh.Abdullah maksum jauhari , dalam setiap bentrok yang terjadi gasmi selalu unggul. seliain itu kejayaan dari gasmi pun sangat terlihat itu  dan ditandai  dengan ratusan pendekar dari beberapa daerah telah mengikuti pelatihannya baik itu pendekar kelas amatir hingga jawara dimana pelatihan itu secara langsung dipimpin oleh Kh.Abdullah maksum jauhari.
Sejarah Persilat
Dari beberapa cerita singkat yang langsung admin dengar dari beberapa tokoh/sesepuh pagar nusa aliran gasmi memiliki dua fersi , yang pertama gasmi didirikan oleh Kh.Abdullah maksum jauhari dan ada pula yang mengatakan pencak silat gasmi pertama kali diperkasi oleh kakek dari pada Kh.Abdullah maksum jauhari beliau dalah Kh.Manaf abdul kharim salah satu dari tiga tokoh ulama yang berperan dalam berdirinya pondok pesantren lirboyo.

SEJARAH GASMI ERA MBAH MANAF
Diawali dengan fakta-fakta maraknya kekerasan , penyiksaan dan tindakan kejahatan pada era penjajahan kolonial bangsa asing dan kolonial bangsa belanda dibumi pertiwi dari seluruh pelosok nusantara dengan tujuan menguasai semua kekayaan rempah-rempah yang dimiliki bangsa indonesia kala itu, tindakan semena-menayang dilakukan bangsa asing inipun menimbulkan banyak pro-kontra di semua kalangan  baik itu dikalangan masyarakat umum maupun dikalangan para ulama.

Seiring dengan waktu,  kata dan aksi pemberontakan pun gencar dilakukan oleh pribumi yang merasa tertindas oleh perlakuan bangsa asing yang semena-mena, melihat kekacauan diseluruh negeri munculah seorang ulama yang mengungkapkan rasa prihatin akan apa yang terjadi dibumi nusantara , beliau adalah KH. Manaf abdul kharim dari jawa tengah. sebagai wujud keperhatinan ini ,beliau yang telah memiliki sebuah pondok pesantren sederhana didaerah kediri mengubah pondok pesantren yang diasuhnya menjadi sebuah pusat belajar ilmu beladiri, pada saat itu pelatihan silat diadakan dihalam masjid dan diikuti beberapa santri yang diasuhnya. hanya dengan cara inilah nantinya santri dibekali dengan ilmu agama dan teknik beladiri untuk bekal berdakwah kelak.

Gasmi-
Berawal dari lingkungan pondok pesantren dikediri jawa timur sekitar tahun 1915 an gerakan pencak silat dari kalangan muslimin berdiri disebuah halaman masjid pondok pesantren yang diberi nama GASMI (Gerakan aksi silat muslimin indonesia) atau lebih sering disebut pencak bebas / pencak dor pencak silat ini diperkasai oleh seorang ulama yang mengasuh ponpes tersebut beliau adalah KH. Manaf abdul kharim kakek dari Kh.Abdullah maksum jauhari.
Tujuan gasmi didirikan adalah

Menjadikan pesantren sebagi pusat pencak silat
Bekal santri dalam berdakwah agama
Bekal santri dalam membela amar makruf nahi munkar

Konon.. diera Kh.Manaf abdul karim pencak islat gasmi memang tidak setenar pada eran Kh.Abdullah maksum jauhari (Gus maksum). jaman boleh berubah dan era boleh berganti , gasmi era Mbah manaf telah sampai pada titiknya akan tetapi semngat yang diturunkan pada generasi-generasi selanjutnya akan tetap membara dan tertanam didalam jiwa.

Selang beberapa dekade sekitar tahun 1960an dimana Pencak Silat GASMI telah kembali dengan masa keemasannya , kala itu Kh.Abdullah maksum jauhari yang menjadi pewaris pencak silat gasmi dari kakeknya dengan berjuang untuk tetap mempertahankan keberadaan gasmi sebagai tradisi kebudayaan nusantara. dan pada tahun 1965 gasmi mulai mengadakan beberapa tempat latihan di pondok pesantren lirboyo yang dipimpin oleh Kh. Abdullah maksum jauhari (Gus maksum) akan tetapi masih diikuti oleh santri yang tinggal didalam pondok pesantren saja hingga pada 1970 Gasmi telah resmi diperkenalkan dikalangan umum dengan diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat , berawal dari sinilah gasmi mulai berkembang pesat bukan hanya dilingkungan pondok pesantren lirboyo saja akan tetapi meluashingga  diberbagai daerah sekitar kediri, ngajuk hingga ponorogo.



Gasmi sendiri merupakan pencak silat asli jawa timur dengan karakter yang keras , tangguh dan berani oleh karena itu waran merah darah dipulih sebagai seragam kebesaran resmi yang dikenakan gasmi dengan bade/logo yang sedemikian rupa (Info logo gasmi selengkapnya baca disini) yang menjadi identitas pencak silat gasmi. beberapa materi yang dipejari didalamnya adalah kombinasi bantingan roda , lengket gapruk , manol gabah , ngguluk wedi , cikaretan dan lain-lain
Pada era Kh. Abdullah maksum jauhari (Gus maksum) gasmi mulai pemiliki peranan penting dalam menjaga kedaulatan NKRI dan meredam setiap kerusuhan yang dilakukan oleh kelompok sparatis sayap kiri.

Setelah itu pada 1986 beberapa ulama mengadakan deklarasi musyawarah besar untuk membahas keberadaan pencak silat yang sejak dulu sudah ada sebagai benteng diri dan benteng NKRI dimana keberadaannya mulai tergerus jaman. dalam musyawarah ini berdirilah sebuah wadah pencak silat yang yang mengikat pencak-pencak tradisional legendaris seperti NH Perkasa, Batara , Chimande , porsegal dan gasmi, telah terikat didalamnya maju dan bersama-sama mengembangkan pagar nusa sebagai induk silat tradisional dibawah naungan Nahdlatul Ulama.

Inilah sejarah gasmi. semoga info ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pencak silat pagar nusa yang beraliran gasmi khususnya

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Sejarah Pagar Nusa GASMI (Gerakan aksi silat muslimin indonesia)"

  1. Apa ada yg tahu (tgl/bln)nya Gasmi didirikan?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Bukanya 1966 itu bukanny masuknya gasmi ke ipsi

      Hapus
  3. # Berdirinya Pagar Nusa

    Mengacu pada Surat Keputusan Resmi Pembentukan Tim Persiapan Pendirian Perguruan Pencak Silat NU yang disahkan pada 10 Desember 1985 dan berlaku sampai dengan tanggal 15 januari 1986, maka diadakanlah pertemuan lanjutan di pesantren Lirboyo Kediri pada tanggal 3 Januari 1986.

    # GASMI resmi berdiri di Pondok pesantren Lirboyo pada tanggal 11 Januari 1966.

    BalasHapus
  4. # pada tanggal 14 januari 1970
    GASMI secara resmi didaftarkan pada Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

    Yang tidak jelas itu sejarah gasmi 1915...

    BalasHapus