Arti dan Makna Lambang Bima Suci

Baiklah pada kesempatan kali ini admin akan berbagi mengenai arti lambang Bima Suci. Silakan simak baik baik ya, Jangan lupa baca juga sejarah Bima Suci.

  1. Kubah Putih : Sebagai tempat bernaung mengabdi secara hakiki, Beribadah dan tempat memohon segala-galanya kepada sang pencipta Allah SWT
  2. Pita Merah Bertuliskan Bima Suci : Setiap anggota bima suci harus memiliki keberanian yang kuat dalam menempuh cita-cita yang diinginkan dengan jiwa bersih dan suci
  3. Gunung dengan sembilan sinar : lambang pencak sinar ciremai yang menggambarkan puncak ketinggian ilmu yang membawa sinar nurilahi, dan sembilan wali songo yang menyebarkan agama islam di pulau jawa.
  4. Tangan Bersilang di dalam hati : Melambangkan silaturahmi dan sebagai lambang persilatan nasional Indonesia atau merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).
  5. Kaki Garuda : Melambangkan Perpaduan kekuatan kaki dan tangan yang mempunyai cengkraman yang kuat dan berfungsi ganda sebagai tangan dan kaki.
  6. Ekor berbulu lima : Melambangkan rukun Islam dan pancasila sebagai dasar negara.
  7. Pita bertuliskan pencak sinar Ciremai : Merupakan nama aliran perguruan pencak silat Bima suci.
  8. Hati berwarna merah : melambangkan pembinaan hati yang jujur dan suci
  9. Nama Bima Suci : Singkatan dari Bina Manusia Sukses Cita-cita. sedangkan nama Bima di ambil dari tokoh pewayangan keluarga pandawa yang merupakan sosok kesatria gagah berani, berjiwa suci, jujur, perkasa, pembela kebenaran, dan suka memberi perlindungan kepada yang lemah.
  10. Bingkai berbentuk segi enam : Melambangkan rukun Iman yang menjadi dasar perguruan silat bima suci.
  11. Merah : Melambangkan keberanian
  12. Putih : Melambangkan kesucian
  13. Hitam : melambangkan kebulatan tekad dan keabadian
  14. Biru : Melambangkan kedamian
  15. Kuning : Melambangkan persahabatan dan cinta damai
Demikian arti dari lambang bima suci. semoga bermanfaat salam pencak silat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti dan Makna Lambang Bima Suci"

Posting Komentar