Daftar 10 Perguruan Historis Pencak Silat

Pencak silat merupakan budaya bangsa yang perlu kita lestarikan dan kita jaga. Pencak silat memiliki banyak unsur yang terkandung didalamnya. Tidak hanya terdapat seni saja, namun juga terdapat pembelajaran bela diri, olah raga, dan spiritual.

IPSI ini beridiri pada tahun 1948 tepatnya pada tanggal 18 Mei di Surakarta, Jawa Tengah oleh beberapa tokoh praktisi pencak silat Indonesia.

Dalam pendirian IPSI ada beberapa pencak silat yang berperan besar hingga terwujudnya organisasi IPSI, daftar perguruan silat ini menberikan banyak dukungan sehingga terwujudlah IPSI, dan juga perguruan historis ini turut menjaga IPSI pada saat saat banyak mengalami terpaan angin yang besar.

Berkat adanya 10 perguruan historis ini dan juga dengan pencak silat lainnya maka IPSI bisa terus menjalankan tugasnya untuk menjadi wadah bagi seluruh pencak silat Indonesia, dan juga IPSI dapat terus menjaga kelaestarian budaya pencak silat bahkan sampai ke skala Internasional.

Pemberian gelar Perguruan Historis Pencak Silat ini dilakukan pada masa Pada masa kepemimpinan Mayjen TNI Eddie Marzuki Nalapraya. Perguruan-perguruan Historis ini dijadikan Anggota Khusus IPSI. Hal ini dikarenakan perguruan perguruan pencak silat tersebut dipandang mempengaruhi sejarah dan perkembangan IPSI serta pencak silat pada umumnya antara tahun 1948 dan 1973 dengan memberikan kontribusi kepada kesatuan pemikiran dalam pembentukan organisasi nasional tunggal pencak silat Indonesia yang diberi nama IPSI, kesatuan tekad untuk mempertahankan IPSI sebagai satu-satunya organisasi nasional pencak silat di Indonesia, kesatuan dukungan untuk menjadikan IPSI sebagai anggota KONI dan kesatuan dukungan untuk memasukkan pencak silat dalam PON sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Berikut ini adalah daftar pencak silat Historis

  1. Persaudaraan Setia Hati 
  2. Persaudaraan Setia Hati Terate 
  3. Kelatnas Indonesia Perisai Diri 
  4. PSN Perisai Putih 
  5. Tapak Suci Putera Muhammadiyah 
  6. Phasadja Mataram 
  7. Perpi Harimurti 
  8. Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) 
  9. PPS Putra Betawi 
  10. KPS Nusantara 


Demikianlah daftar pencak silat yang mendapat gelar 10 Perguruan Historis Pencak Silat, semoga kita sebagai generasi penerus pencak silat ini selalu dapat memberikan kontribusi yang baik bagi IPSI dan NKRI, mari kita wujudkan Indonesia yang aman damai dan sejahtera bersama pencak silat. Salam semangart.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar 10 Perguruan Historis Pencak Silat"

Posting Komentar